Home » » Penjelasan Seputar Air Conditioning di Dalam Pesawat

Penjelasan Seputar Air Conditioning di Dalam Pesawat

Written By demi anak on Selasa, 01 Oktober 2013 | 00.54

Ane taw ada berita ini, dari twitter temen ane gan..
Sempet kaget juga liat judulnya, setelah ane baca alasannya kocak banget gan, gara-gara kepanasan pintu darurat pesawat dibuka.

Wah, beneran norak nih orang yang buka pintu darurat, entah apa yg ada dalam pikirannya. Mental penumpang pesawat kelas ekonomi sekarang, emang makin memprihatinkan, kalo dilihat dari beritanya gara2 kepanasan terus buka pintu darurat, wtf. gak mikir kepentingan orang lain apa, gara2 attitude tuh norak, orang sepesawat nanggung akibatnya, jadi malah delay kan and terlantar. Mana maw maskapai kelas ekonomi reschedule pesawat gara2 penumpang yg buka pintu darurat tp nggak dalam keadaan darurat. Dikira ngatur traffic pesawat kayak ngatur parkir bajaj apa. Untung pilotnya gak jadi take off, coba doi buka pintunya pas take off, apa gak tambah njerit orang sepesawat .

Balik ke masalah panas, dikira pesawat pake AC freon apa. Sepengetahuan ane dari obrolan ama engineer pesawat and setelah ane browsing , ternyata sistem air cond di pesawat itu pake Air cycle machine (ACM source) sistem ini dinginin udara gak pake freon jadi gak bakal ada air netes, sistem ini digerakkin turbin buat nyedot udara luar and melalui proses bla bla bla hasilnya udara dingin di kabin. karena pake turbin,

alhasil butuh extra bahan bakar buat nggerakin, pas pesawat lagi taxi (itu tu posisi pas maw take off), kalo pas udah fase course/jelajah ya otomatis semua engine jalan, jadi pesawat itu dinginnya kalo udah tinggi. ;P nah, berubung Lion Air maskapai kelas ekonomi jadi ya ngirit Bahan Bakar, kalo maw dingin n nyaman ya naik sekelas Garuda lah, ah dasar nih keturunan jendral bintang tujuh ( maksudnya orang yg mbuka pintu darurat) gak maw modal, naek ekonomi minta nyaman, minta ontime. muke Taplak warteg aja belagu. :P

Mengenai sistem pendingin udara di pesawat, kalo agan2 ada yg lebih paham, silahkan di share di mari. Coz sepengetahuan awam ane begitu. CMIIW
Sorry gan, kalo kalimat ane menurut agan kasar, ane pernah ngrasain sepesawat ama orang macem gini yg pengetahuan ttg safety masih setinggi dengkul,

Foto:
https://twitter.com/kompasforum/stat...639296/photo/1
Sumber berita
http://regional.kompas.com/read/2013....Pintu.Darurat

nih, penjelasan yg bener mengenai ACM sistem pendingin udara di pesawat
Quote:Original Posted By KonigBrian â–º
hahaha ane no comment tentang administrasi dll
cm mau koreksi dikit ajah, itu salah gan gambar system yang lo pasang itu, gambar engine propeller bukan acm.
ntar kebakar semua dong orang-orang di kabin kalo langsung dari engine

jadi engine/apu ketika berputar udara yang dari high stage compressor di tap untuk keperluan aircond ataupun presurrize pneumatic sistem, nah itu kan panas, makanya buat yang airconditioning sebelom distribusi ke kabin lewat sistem yang namanya acm
acm sendiri sebenarnya ga sesimple diatas ya gan cm prumpamaan ajah CMIIW
oiya kalo emang mau ngirit kenapa ga pake ground airconditioning aja ya.


Quote:Original Posted By jambuz43 â–º
cuma mau konfirmasi soal pemahaman agan TS tentang maskapai kelas ekonomi. setahu ane tipe maskapai itu cuma ada 2, low cost carier dan full service.

Perbedaannya terletak dalam cakupan jenis layanan, bukan pada jarak rute yang dilayani, apalagi kualitas layanan. di maskapai low-cost penumpang harus membayar ekstra untuk mendapatkan makanan, priority boarding, alokasi kursi, bagasi, asuransi perjalanan, bahkan kadang boarding pass. contoh maskapai low-cost di Indonesia adalah QZ (AirAsia Indonesia), RI (Mandala-Tiger), dan QG (Citilink). sementara di maskapai full service, seluruh fitur tersebut telah tercakup dalam biaya tiket. contoh maskapai full service di Indonesia adalah Garuda Indonesia dan Batik Air.

Lion Air dan Sriwijaya Air sulit dimasukkan kedalam dua tipe diatas. sebab di satu sisi, penumpang harus membayar ekstra untuk mendapatkan makanan. di sisi lain penumpang mendapatkan free bagasi 20-25kg.

mungkin maksud agan kelas ekonomi dan bisnis itu merujuk kepada kursi (seat). setiap maskapai baik LCC atau FS memiliki seat ekonomi dan bisnis.



jadi poinnya adalah mau itu LCC atau FS, tidak ada pembedaan kualitas layanan. kenyamanan apalagi soal keamanan penumpang seharusnya menjadi prioritas.

PS: klo agan mengasumsikan maskapai bertarif mahal pelayanan pasti prima, coba agan googling Garuda pun sering mengalami masalah delay tanpa konfirmasi kepada penumpang.

Quote:Original Posted By an990ro â–º
ane dr dunia penerbangan gan,klo pswt sdg parkir,ada mobil khusus yg support system AC.namanya AC car.disetiap bandara pasti ada.kl mnrt ane,mgkn pada saat itu AC car jmlh terbatas dan dipakai maskapai lain.cz AC car biasanya sewa.atau punya sendiri,itupun utk bandara besar.tp lion jg krg tepat,klo mmg wktu take off msh lama,knp penumpang disuruh msk dluan.kan malah jd sauna gratis


CMIIW
Quote:Original Posted By TruPicIII â–º
coba klo TS mngerti soal sistem AC pndingin udara, bantu ane ngjelasin screen shot yg ane buat sndiri



di screenshot tersbut ane mnjelaskan tntang sistem pndinginan udara, bahwa sistem pndingin cabin tetap akan berjalan krna ditenagai oleh APU (coba jlasin APU itu apaan) d tmbah GPU (nih jg jelasin lagi)
kalo ente bilang stelah take-off psawat akan mnjadi dingin, lah ponakan ane yg msih TK jg tau gan, smakin tinggi suatu benda terbang, maka semakin kuat tekanannya dan smakin dingin suhunya, tentunya juga smakin tinggi suatu bnda brada maka akan smakin ringan krna smakin jauh dari gravitasi bumi, tp slama d darat sistem klistrikan, AC, radio, smua d pindah ke generator APU d tmbah generator GPU, nah dsini battery yg nantinya menyuplai klistrikan, generator AC, sistem navigasi, IRS, sampe sistem flush d toilet, di isi untuk d pergunakan nantinya ktika d udara (dlam bbrapa kasus tdak d prlukan GPU krna APU 737-800/900 udah powerful bnget)
nah AC akan bisa mnyala kalo mesin psawat udah d nyalakan, iya emang bener brarti ada msalah pada APU-nya, contoh simpel aki motor ente tekor ente kagak bs nyalain lampu dan klakson tp abis d start n motor menyala, ente bs g nyalain lampu n klakson??
ya sderhananya sperti itu

gmbar kedua



d screenshot itu mnjelaskan bahwa ada kipas yg brfungsi untuk mngatur sirkulasi udara, akan tetapi FAN ini tidak membuat udara dingin yg d hasilkan oleh sistem AC psawat (menurut penumpang terdengar suara kipas tapi tidak dingin sama skali), sdangkan L Pack/R Pack yg ada d gmbar yg sama mnjelaskan tentang sistem pengaliran udara panas/dingin untuk keperluan kabin/APU/start engine, nah trakhir yg ane kotakin merah itu adalah APU bleed, fungsinya untuk memberikan campuran "kaya" (sdikit avtur banyak udara) agar generator APU bisa berjalan dgan baik

terakhir, ente blum prnah ngrasain hipoksia sperti yg d rasakan penumpang, pramugari, sampe pilot kan??
coba deh skali" ente bekap muka ente pake bantal 2 menit aja klo ente g kejang"
jangan menjudge seseorang sperti itu klo ente blum prnah mrasakan

TARO PAGE ONE KALO BRANI GAN!!
Quote:Original Posted By tukangparty â–º
Spoilerfor :

Spoilerfor nih gambaran ac di pesawat:

Spoilerfor APU:

harus nya meskipun masi di ground udara tetep dingin, karena fan di pasang di high dengan tenaga dr APU
jadi klo ampe bener kata penumpang pesawat nya ga ngeluarin udara, itu berarti rusak pesawat nya

buat TS nih monggo soal air conditioning
rasanya percuma di cari di internet jg ga ada, itu cmn buat crew doang.. tp ga tau jg ya di internet ada ato kaga.. soal nya gw ambil ya dr garuda

harus nya sih maskapai lain jg sama

jd sebelum kita judge siapa yg salah, ada lebih baik nya kita tunggu aja hasil investigasi nya..
buat ane, pihak maskapai salah, tp penumpang jg salah dalam merespon nya
emg pintu nya sudah di tutupkah sampe akhir nya mereka mesti buka pintu darurat? ane ga tau jg soalnya ane ga di pesawat

Quote of the day:
Quote:Original Posted By Decy â–º
Ane cuma heran, koq masih ada yg mau naik lion air ya?? Anehh..!!
Ane masih sayang nyawa ane gan, dibayarin pun ane ga bakalan mau naik lion air, masih banyak maskapai laen yg lebih bagus, bahkan kadang lebih murah tarifnya, tapi gak pernah ada kejadian2 konyol seperti yg dialami lion ini..nyawa taruhannya coy


Spoilerfor Yang ngebela Penumpang:
Quote:Original Posted By asjossss â–º
Menurut ane wajar2 aja gan kalo tuh orang buka pintu darurat masalahnya orang panik kenapa ini ac ga dingin, toh mereka bakal terbang jauh.. Nanya pramugari pramugarinya malah ga tau, nanya pilot juga ga ada respond. Bukan mslh kelas ekonominya tapi mana respond cepat pihak maskapai udah tau ada compalin malah dibiarin, ya wajar lah orang pada marah2.. Mslhnya ini pesawat bakal terbang jauh.. Toh yg buka pintu darurat juga pada dilindungin sama penumpang lainnya, itu artinya si pembuka pintu darurat mewakili perasaan semua penumpang.. #kaloberkenanpageone
Quote:Original Posted By ctrl.alt.death â–º
secara aturan UU emang Penumpang salah Gan..
tapi secara Etika, LION Air juga salah..
kalo emang Take Off masih lama/ada masalah, kenapa harus buru-buru boarding ? ini lama lho penumpang segitu banyaknya nunggu dalam ruang kabin terbatas dengan sirkulasi udara yang buruk karena AC belum aktif maksimal..kan bisa diperbaiki dahulu (penumpang bisa nunggu di ruang tunggu)..
Contoh kasus lain ya KRL Jabotabek yang sering pada jam kerja baik pergi/pulang AC-nya mati/kecil sehingga penumpang yg berjubel itu panas/gerah bahkan ada yg sesak napas..sehingga ada jg penumpang yg maksa buka pintu agar ada aliran udara yg masuk..
Coba aja Agan dikurung dalam ruang sempit terbatas tanpa sirkulasi udara..Gwa jamin gak sampe 20 menit juga Agan pasti megap-megap kaya ikan di taro di darat kehabisan napas..
nah, bayangin lagi ruangan terbatas dengan kapasitas penuh..itu jauh lebih nyiksa..

Agan bilang ADA HARGA ADA BARANG..
Yup, gak semua Orang punya rejeki kaya Agan..dan gak ada salahnya juga kalo Mereka hanya mampu beli tiket kelas ekonomi..yg penting kan Mereka sudah bayar sesuai tarif..
dan Mereka ini juga Konsumen yg dilindungi UU
..
dan omong soal harga..kan biasanya ada kelas Bisnis juga dalam satu Pesawat..jadi itu Agan sebut apa ? penumpang ekonomi juga ?..

kalo gitu kenapa gak sekalian Agan bikin Maskapai FULL EKONOMI..
tempat duduk berebut..ada kursi berdiri..Naik gratis turun bayar (ditagih diatas, turunnya terjun payung)..

just my 2 cents..

Agan bilang Gwa kampungan blom pernah naik pesawat ? Silahkan..
GFF Gwa cuma silver duank kok..itu pun kebanyakan Dinas dari kantor..
Merpati, Lion, Adam, Sriwijaya, Batavia ? Gwa jg pernah naik..

Gwa sendiri mungkin akan melakukan hal yg sama (buka pintu darurat <== jika pintu utama tidak dikasih buka saat delay kelewat lama tersebut)..
apalagi jika sudah ada korban penumpang lain yg pingsan atau bahkan tewas !..

Quote:Original Posted By ctcpuccat â–º



Itu semua penumpang yang marah, protes. Gimana nggak, tuh pesawat delaynya sampe hampir satu jam.
Para penumpang udah kesal, ditambah lagi pendingin bermasalah, udah gitu protes mereka nggak ditanggapi sama para kru pesawat. Gimana nggak gondok.
Lupain soal harga mahal-murah, kalo nggak bisa kasih pelayanan yg layak nggak usah buka maskapai! Titik.
Kalo ngelayanin orang yg bayar aja nggak beres, gimana mau ikhlas melayani masyarakat yg nggak bisa ngebayar...

Melek dong gan! Jgn sok pinter, memandang sebelah mata, cuma dari point of view ente doang tanpa mau memposisikan diri sbg mereka, terus belain kapitalis mulu mentang2 udh hidup enak...Para kapitalis mah udh kebanyakan untung, tapi nggak mau mengusahakan yg terbaik.

Ente bisa hidup enak & punya banyak pilihan krn punya kemampuan lebih, bukan berarti org lain juga bisa punya pilihan lain kyk ente. Mikir lah.
Salah mereka kalo "kurang mampu"?!?

Oh iya, pernah gak ente ada di sebuah ruangan tertutup yg gak ada ventilasi sama sekali, tanpa AC pula. Tahan berapa lama ente disana? Paling org manja kayak ente juga pengen cepet2 buka pintu/ jendela, ya kan?!?
Itu penumpang lion air buka pintu karena cari udara, kegerahan, pengap juga, udah banyak org berebutan nafas makin nyesek, bukan karena pengen keluar ato apa.

Nasehat :
Orang cerdas baca berita nggak setengah2.

Quote:Original Posted By androidea â–º


Waduh,ga gitu juga kali mas, penerbangan murah kan ga cuma punya lion air,liat tuh ada citilink,air asia,jet star sama sriwijaya,tapi keluhanya ga sampe sebanyak lion air,memang ada harga ada barang,tapi kan lion air bisa menyiasatinya dgn cara lain ,bukanya dengan cara yang merugikan penumpang gitu gan,manajemenya mereka emang hrs diperbaiki gan,

Penumpangnya emang salah,tapi ini juga pelajaran buat lion air,kalo emang permasalahanya gitu knapa pramugari2 itu ga njelasin,masa iya kaga tau sistem yang harusnya umum untuk diketahui seorang pramugari kek gitu? Knapa pilot ga turun tangan njelasin sekilas lewat interkom biar penumpang tenang?kalo bener kek gitu kenapa ga setiap penerbangan lion air panas,tapi cuma beberapa, kalo mnrt ane pasti ada sistem yg salah disini,

Quote:Original Posted By bla bla bla â–º
Setelah membaca semua link berita tentang kasus lion air, dan membaca semua komen yang ada di postingan ini (baca ampe page 8),saya berpendapat kalau yang posting orang sombong dan songong, karena dia juga belum menggunakan otak sepenuhnya, salah satunya wajah taplak meja warteg, yang memberikan arti kusut dan jorok, apa iya semua warteg begitu???
Kembali kepermasalahan, setelah ditelusuri ternyata pihak bandara sebagai otoritas bandara juga telah memperingatkan lion air, namun tidak digubris karena mengeluarkan dana 1,1 juta rupiah. Dan hal ini tidak sebanding dengan pernyataan pihak lion air yang mengatakan mereka rugi ratusan ribu dollar dan yang lebay adalah pihak lion air. Maskapai ini sudah dikenal akan ke-delay-annya, dan.ketidaknyamanannya. mengenai pernyataan ada rupa ada harga,dalam kasus ini saya kira tidak berlaku, karena bila.dibandingkan dengan harga maskapai lain.harganya tidak jauh lebih murah dan pelayanan sama,contohnya sriwijaya air atau merpati atau citilink maupun jetstar. Namun bukan berarti tidak ada keunggulan maskapai ini, mereka melayani hampir semua rute penerbangan domestik.Namun pelayanan tetap harus prima dan juga mental.melayani itu harus dinomorsatukan, karena berbicara transportasi publik adalah bidang pelayanan, seharusnya ketika ada keluhan,pertanyaan,atau kritik dari penumpang, pihak.maskapai dalam hal ini pramugari sebagai garda terdepan, harus mampu menjawab dengan baik dan memberikan penjelasan yang seutuhnya kepada konsumen aka penumpang,bukan sekedar catwalk dalam pesawat.
Untuk ts semoga anda bisa paham dan membuat.opini dari berbagai sudut.pandang tidak sekedar menghina orang lain dan menjustifikasi dengan pemikian ts sendiri. Ngaskus bukan sekedar postingan atau mengejar setoran trit tapi belajar.mengerti satu dengan yang lain dan belajar memberikan komen dan postingan yang benar.
Demikian koment ane buat ts, dan untuk lion air semoga hal ini menjadi pelajaran bagi maskapai agar berbenah kearah yang lebih baik....untuk "badut" terimakasih anda telah memberikan suatu pembelajaran bagi maskapai agar konsumen juga diperhatikan bukan sekedar mengejar materi (baca: setoran) doang.
Selamat dini hari salam kaskuser


nb: saya seseorang yang suka berjelajah

Videonya :
Quote:Original Posted By mdmdmsdn â–º
ini nih ada videonya




kronologi dari trit sebelah:
Sumber dan kronologi kejadian copas trit RT sebelah :P



Spoilerfor Yang nyalahin penumpang, Sehati ama TS: Quote:Original Posted By kriegsâ–º
wahahaa.... gini nih kalo orang desa naik pesawat

mungkin aja rute nya cuma ada kelas ekonomi, tapi sepanas apapun kalo namanya standard operasi juga jangan asal buka pintu darurat gitu..

mungkin dia belum pernah ngerasain naik kereta ekonomi ato bus ekonomi kali ya...





nah panasan mana ma ini???

Quote:Original Posted By creee2bkh â–º
AC pesawat itu dishare dengan pengatur tekanan di dalam pesawat.
Jadi kalo saat mau take off acnya kurang dingin (ane ga tau ini yang dimaksud sama penumpang itu kurang dingin atau panas kaya naik bis ekonomi di siang bolong) wajar aja karena lebih diutamakan untuk pengatur tekanan di dalam kabin.
Mungkin yang naik pesawat pernah ngerasain kalo mau take off atau mau landing kuping terasa sakit bener, nah itu akibat kalo sharenya lebih besar ke AC. Sekarang pilih kuping sakit atau agak gerah?

Ane heran aja kelakuan masyarakat sekarang, terlalu over acting dalam bersikap.
Kalo emang ga mau, ya udah turun dan minta uangnya dikembalikan. Toh itu pesawat udah delay atu jam dan penumpang berhak untuk menuntut uangnya kembali.
Kalo sampai buka jendela darurat, tadinya bener malah jadi salah deh, soalnya semua peralatan di pesawat itu kan ada di undang2 karena menyangkut keselamatan manusia.


]

Setelah trit ini berumur 12 jam, TS akhirnya memberi rangkuman n penutup ttg permasalahan ini, 95persen agan2 n aganwati di sini memilih membela penumpang, dan sedikit yang nyalahin penumpang, Yah apapun opininya, ada benar and ada salahnya juga, berhubung ini trit cuma bersifat pop, alias berdasr berita yg gak bertahan lama, Jadi TS tidak akan lagi memberi comment lagi setelah ini, karena rata2 sama isinya, bagi yg tetep tidak setuju dengan TS, ya saya hormati. Namun saya tetap pada argument saya. Terima Kasih sudah berkunjung, Kalo ada yang hatinya tertusuk oleh kata2 saya di sini, saya minta maaf. Masalah agan maw maafin, terserah agan . Terima kasih yg udah ngasih Bata, terima kasih yg udah kasih bintang. Special thanks buat agan2 yg udah kasih penjelasan teknik pesawat disini. ilmunya bermanfaat banget buat ane. Iast but not least,
Keep smile and have a nice day

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5249a185bfcb176d16000000

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014. Kaskus Hot Threads - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger