Home » » Mengenal Lebih Dalam Komponen Mobil F1

Mengenal Lebih Dalam Komponen Mobil F1

Written By demi anak on Selasa, 03 Juni 2014 | 20.10




Spoiler for no repsol


Spoiler for ts berharap




Suka dengan balap Formula 1? Pengen nonton langsung balap Formula 1?
Cekidot soal mobilnya dulu gan

Spoiler for mesin

1. MESIN
Quote:
Konfigurasi mesin mobil F1 adalah V8 dengan kapasitas silinder 2.4cc naturally aspirated, four-stroke internal combustion petrol. Sejak berilium dilarang menjadi bagian dari komponen mobil F1, para ahli banyak melakukan pengembangan material. Namun kebanyakan adalah campuran dari aluminium dengan metal lain. Maklum bahan ini bisa mengakomodir keinginan para ahli yang membutuhkan mesin ringan namun kuat.
Sejak musim balap 2003, para engineer F1 dipaksa untuk berkreasi membuat mesin yang tahan lama. Di musim 2003, mesin untuk balapan adalah mesin yang digunakan untuk kualifikasi. Dan mulai musim balap 2004, FIA membatasi hanya satu mesin yang dipakai dalam satu rangkaian akhir pekan grand prix. Sebelum masa itu biasanya mesin hanya tahan untuk dipakai maksimal sejauh 500 km. Lebih dari jarak itu, kinerja mesin sudah tidak optimal lagi. Mesin mobil F1 mampu memacu mobil hingga 350km/j di jalur lurus dengan putaran mesin maksimum hingga 19.500 rpm.


Spoiler for gearbox
="0" alt="" />
2. GEARBOX
Quote:
Piranti ini terletak di bagian belakang mesin dan sekaligus menjadi penyangga wishbone suspense belakang. Dalam mobil apapun, termasuk mobil F1 juga mobil balap lainnya, peran girboks sangat penting. Selain menyalurkan tenaga dari mesin, girboks juga memberi akselerasi secara maksimal. Dibanding mobil biasa, girboks di
mobil F1 harus jauh lebih reliable, sebab dalam satu balapan -sekitar 1,5 - 2 jam- rata-rata pembalap melakukan perpindahan gigi sekitar 4000 kali. Hingga musim 2002, sistem transmisi yang dipakai adalah semi-otomatis dengan minimum 4 dan maksimum 7 untuk percepatan maju, dan dengan satu gigi untuk mundur. Pada musim 2003, transmisi otomatis diperbolehkan.


Spoiler for nose cone

3. NOSE CONE
Quote:
Bagian ini terpisah dari sasis dan dilengkapi dengan sayap depan yang beragam bentuknya. Meski bentuknya tampak sederhana, kebanyakan ahli aerodinamika mobil F1 banyak berkutat pada bagian ini. Sebab ini adalah bagian dari mobil yang pertama kali menerpa angin. Selain itu nose cone juga harus kuat sehingga mampu membantu melindungi pembalap saat terjadi tumbukan dari depan.


Spoiler for Side Pod

4. SIDE POD
Quote:
Bagian mobil tempat radiator (oli dan air) dan peranti elektronik berada. Bagian ini juga harus kokoh dan bisa melindungi pembalap dari sisi samping. Kedua side pod memiliki lubang angin yang disebut air scoop. Angin ini berfungsi dalam proses pendinginan yang dilakukan radiator.


Spoiler for Kokpit

5. KOKPIT
Quote:
Di tempat inilah pembalap berada. Jangan samakan kokpit mobil F1 dengan mobil biasa. Bisa dibilang kokpit mobil F1 adalah kokpit mobil paling tidak nyaman. Selain sempit, pembalap pun menyetir tidak dalam keadaan duduk, melainkan (lebih tepat disebut) berbaring. Bagian inilah bagian terpenting dalam melindungi jiwa pembalap. Terbuat dari bahan serat karbon -sama seperti bagian bodi lainnya ruang kokpit harus mampu menahan benturan hingga 2,4 ton dan mampu melindungi pembalap dari kecelakaan parah. Tak heran bila khusus pada bagian ini bahan yang dipakai terdiri dari
tiga lapis campuran serat karbon dan Kevlar dengan ketebalan minimum 3,5 mm.



Spoiler for jok

6. JOK
Quote:
Benda inilah yang menyangga badan pembalap, dan turut mempengaruhi keselamatan. Bentuk jok disesuaikan dengan bentuk tubuh pembalap. Oleh karena itu di awal musim atau saat pindah tim, seorang pembalap F1 pasti mengepas jok terlebih dahulu. Yaitu dengan membuat cetakan sebelum jok yang terbuat dari resin bercampur busa itu dipasang di mobil.



Spoiler for tangki bahan bakar

7. TANGKI BAHAN BAKAR
Quote:
Meski disebut tangki, jangan membayangkan wadah bahan bakar mobil F1 itu sama dengan dengan tangki bensin di mobil biasa. Karena, tangki yang terbuat dari bahan Kevlar ini bisa berubah bentuk dan dijamin tak akan sobek atau bocor bila terbentur saat tabrakan. Tak hanya itu, konstruksi bagian dalam tangki juga rumit, karena harus dibuat dengan struktur khusus berdasarkan regulasi FIA.



Spoiler for Sayap Belakang

8. REAR WING
Quote:
Fungsi sayap yang ada di belakang tak jauh berbeda dengan sayap yang ada di nose cone, yaitu untuk mengalirkan angin. Bilah sayap depan harus bisa membuat angin berjalan mulus ke bodi mobil, sayap belakang harus bisa membuang angin dengan rapi. Peran sayap belakang juga amat besar terhadap setingan mobil dalam menghadapi setiap balapan. Bila berlomba di sirkuit yang berkarakter cepat, posisi bilah sayap harus datar. Sebaliknya bila sirkuitnya banyak tikungan, bilah sayap akan dipasang lebih tegak.



buat agan para pecinta F1
ane denger ada kompetisi yang bisa bikin kita nonton langsung Formula1, namanya kompetisi Foto Shell Helix. Kompetisi ini ngajak agan buat nonton GP Formula 1 langsung di Belgia dengan akses VIP. Siapa tau aja kita bisa nonton bareng semua kesana gan.
Kok Bisaaaa? Iya gan, soalnya Shell Helix kan technical partner dari tim Ferarri F1. Makanya mobil ini selalu tampil kenceng
Gak percaya?cek aja ke TKP
Gak cuman itu aja, agan bisa ketemu langsung dengan bintang Formula 1 dari skuadra Ferarri, siapa lagi kalo bukan

Kimi Raikkonen

Spoiler for kompetisinya

Agan bisa pamerin kecintaan agan dengan ngirimin foto ataupun video bersama mobil kesayangan agan yang nantinya akan ditampilin di www.mycar.shell.com tinggal isi data diri agan dan keterangan foto beserta hashtag #mycar. Selain itu, agan juga bisa ikutan kompetisinya dengan ikutan program pembelian berhadiah, Beli shell helix Ultra, atau HX8 atau HX7. Kirim atau scan nota asli pembelian beserta fotocopy ktp dan informasi lainnya ke helixpromo@shell.com atau kotak pos paling lambat 10 Juli 2014.
Siapa tau aja agan bisa beruntung dan menyaksikan langsung serunya Formula 1 di Belgia dan ketemu langsung dengan bintang idola, Kimi Raikkonen.


Terima Kasih udah mampir gaaan
Spoiler for sumber
SUMUR1
SUMUR2
SUMUR3

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/538c1c7f8b07e703438b4569

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014. Kaskus Hot Threads - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger