WARNING DULU YOW!!!
Thread ini panjang dan berisikan 333 foto dgn total 26 MB
----------------------------------------------------------------
KA 116 Gaya Baru Malam Selatan
Jakarta Kota - Surabaya Gubeng
Minggu, 3 November 2013
K3-6/3DE
----------------------------------------------------------------
Ini pertama kalinya gw naek K3 siang hari. sebenernya gw dah jiper duluan, tapi karena K3 ke Surabaya cuma berangkat siang (GBMS dan Kertajaya), mau ga mau harus gw jalani juga. gw sih ga yakin walopun dah pake AC bakalan adem, karena berdasarkan pengalaman gw sebelomnya naek K3 malem, tetep aja ACnya kurang berasa. bayangin ajalah sendiri, 6 unit AC Split bwt 106 orang penumpang...
Spoiler for TR:
Quote:
Stasiun Jakarta Kota
Gw dan cewe gw, si nonky, nyampe stasiun ini jam 10.45 disaat cuaca lagi terik2nya. naek taxi dari Kemanggisan kena 55K, dan ini adalah pemborosan pertama yg kami lakukan. seharusnya sesuai rencana, kami naek Commuter Line dari stasiun Cawang. tapi karena waktu dah mepet (akibat berbagai hal), jadinya naek taxi juga deh. akibat terburu waktu juga, bantal kepala yg dah dibeli sebelomnya ketinggalan di kost. ngeselin banget, bakalan pegel2 nih leher di perjalanan. pemborosan berikutnya karena kami sama2 blom makan. seharusnya kami makan di kost dgn biaya cuma 7K per orang, tapi akhirnya terpaksa makan di deket stasiun dan kena 40K. pret!
Kelar makan, kami langsung masuk stasiun dan check in. setelah melakukan ritual BAK, belanja dulu di minimarket. biasanya sih gw kalo naek kereta pasti beli aer mineral ukuran medium, tapi berhubung perjalanan yg bakal ditempuh selama 13 jam maka gw beli yg ukuran paling gede. dan ga lupa 2 bungkus makanan kecil. makanan gede? ntar aja lah, gampang itu. di kereta pasti ada, atau di stasiun2 kecil pasti ada pedagang nasi yg menyelinap keatas kereta. no problemo, pikir gw dgn yakinnya..
KA Gaya Baru Malam Selatan
Rangkaian KA 116 masuk sta Jakarta Kota jam 11.20 di jalur 9. sebelom naek keatas kereta gw ngintip dari jendela posisi tempat duduk gw. dan gw berbangga hati karena capcipcup kerebang kuncup gw dalam memilih tempat duduk berhasil dgn sukses. ya karena tempat duduk gw menghadap kedepan atau searah perjalanan. bagi gw ini merupakan suatu kesenangan lho hehe..
Spoiler for Rangkaian KA 116:
2 di kiri, 3 di kanan
1BA paling depan (ganjil menghadap kebelakang atau berlawanan arah perjalanan)
24DE paling belakang (genap menghadap kedepan atau searah perjalanan)
3 di kiri, 2 di kanan
24DE paling depan (genap menghadap kebelakang atau berlawanan arah perjalanan)
1AB paling belakang (ganjil menghadap kedepan atau searah perjalanan)
letak AC di langit2 kereta:
diatas kursi 6 menghadap ke 5, 4, 3, 2, 1
diatas kursi 7 menghadap ke 8, 9, 10, 11, 12
diatas kursi 12 menghadap ke 11, 10, 9, 8, 7
diatas kursi 13 menghadap ke 14, 15, 16, 17, 18
diatas kursi 18 menghadap ke 17, 16, 15, 14, 13
diatas kursi 19 menghadap ke 20, 21, 22, 23, 24
updated 10 Desember 2013
kalo bingung membayangkan letak seat, silaken liat di Denah Seat KA
Seat 3DE ini adalah seat fave gw di K3 karena dapet bagasi paling pojok, dan ekstra gantungan jaket (maksudnya ujung dari batang besi bagasi bisa dijadiin gantungan bwt jaket hehe..). setelah mengatur tas di bagasi atas, gw ninggalin si nonky bwt sekedar motoin kereta dan suasana stasiun..
Spoiler for 116:
jalur 9
3 RF muda yg lagi hunting
Karena panas banget, akhirnya gw naek keatas kereta mau ngadem. tapi apa daya, bukan adem yg gw dapet, tapi malah gw mandi keringet. perpaduan antara abis panas2an motoin kereta dan AC yg ga maksimal, membuat keringet gw ga abis2 ngucur walopun dah gw lap. jam 11.35 kereta mulai bergerak meninggalkan stasiun. harusnya kursi didepan gw, 4DE, kosong. perkiraan gw pemiliknya mungkin akan naek dari stasiun Cirebon Prujakan karena dalam jadwal kereta ini ga brenti di stasiun Ps. Senen. tapi rupanya ada dua orang emak2 yg pindah entah dari kereta nomer berapa, biar bisa deket dgn kluarganya yg duduk di 1AB & 2AB. yaelah mengganggu aja nih emak2
Hot Trip!
Selepas Jatinegara suhu di dalam kereta blom juga membaik, bahkan beberapa penumpang mulai kipas2 dgn speed yg berbeda. bener2 kampret nih kereta! mending ga usah pake AC aja skalian kalo kaya begini. ga pake AC brarti bisa buka jendela, dan itu pasti jauh lebih seger. padahal smua AC udah diatur maksimal lho, yaitu 16 derajat! karena ga tahan akhirnya gw jalan2 aja dari bordes ke bordes sambil motoin interior kereta..
Spoiler for interior:
Jatibarang
Selepas stasiun Jatibarang, pelanggaran demi pelanggaran mulai terjadi. dari beberapa penumpang yg buka jendela sampe ke merokok di areal bordes. buka jendela bisa gw maklumi deh. soale dah ditunggu dari sejak berangkat tapi temperatur ruangan bener2 menyiksa. ada yg buka jendela full, ada juga yg cuma buka dikit dan diganjel. hal ini lumayan membantu. angin seger masuk ke ruangan, dan kebetulan gw juga kebagian karena di seat 5 ada yg buka jendela full. lumayanlah, tapi gw ga ikutan buka jendela karena gw tau pasti bentar lagi ada yg negor. nah yg merokok di bordes ini yg gw sebut rada bloon. terlalu vulgar boz! gw juga perokok tapi bukan begitu caranya. silaken merokok di toilet hehehe..
Bener juga tebakan gw. ga lebih dari 15 menit kemudian, seorang petugas keamanan dateng. yg pertama ditertibkan adalah para perokok di bordes. hahaha...kena lo! ga cuma ditegor, tapi bener2 ditungguin sampe mereka pada matiin rokok. abis itu pada diomelin karena pada nyampah dgn buang puntung rokok di bordes. kelar dengan urusan para perokok, si petugas lanjut dgn menutup jendela2 yg terbuka sambil ngomel kepada para pelaku. jendela yg diganjel pake botol aer mineral juga ditertibkan, dan si petugas membuang botol itu keluar jendela. waduh, petugas bloon!
Setelah si petugas ngilang (menuju kereta berikutnya), gw langsung ke toilet. disana gw merokok dgn bebas tanpa gangguan. begini caranya boz kalo mau merokok hehe.. tetep melanggar peraturan sih, tapi 13 jam tanpa merokok? no way yow!
Spoiler for JTB:
Karena suhu yg semakin panas, akhirnya AC dimatikan. entah dimatikan karena penumpang mulai lagi membuka jendela, ato emank mati sendiri. yg jelas hal ini jadi semacam permission bwt membuka jendela. gw lupa sih dimana tepatnya AC mulai mati. pokoke begitu sadar AC mati, gw langsung buka jendela full se-full2nya! wuah seger tenan! emank edan nih AC Split dipasang di kereta. pemaksaan!
Cirebon Prujakan
Jam 15.08 kereta memasuki stasiun Cirebon Prujakan. baru kali ini nih gw berada di stasiun ini pada siang hari, karena biasanya gw naek kereta malem mulu. kalo malem sih keren ni stasiun, tapi kalo siang kayanya biasa aja hehe.. mungkin karena efek sepi dan lampu2 yg menyala waktu malem hari. di stasiun ini banyak penumpang yg naek, termasuk si pemilik kursi depan gw, 4DE, yg udah dikuasai dua orang emak2. dan si emak2 langsung bernegosiasi dengan pemilik kursi..
Spoiler for CNP:
KA 116 berangkat lagi jam 15.15. selepas stasiun ini tabiat penumpang K3 mulai kliatan. para penumpang yg bawa bekal bejibun mulai buang sampah keluar jendela. yaelah pak buk, apa susenye sih ente ngumpulin aja tu sampah di kantong kresek? bener2 kampungan deh ente pak buk! liat tuh anak2 ente pada ikutan
tips:
siapin lah kantong kresek kalo naek kereta. jangan buang sampah keluar lewat jendela!
Ciledug
Kereta berjalan pelan ketika memasuki stasiun ini. dari kejauhan gw dah liat banyak polisi dan tentara berkeliaran disini. gw ga tau knapa banyak aparat disini, tapi seorang penumpang nyeletuk "SBY mau lewat". ga tau deh tu penumpang bener ato sotoy. kereta berhenti jam 15.40 dan melanjutkan perjalanan jam 15.44
Spoiler for CLD:
Dari Songgom sampai Purwokerto
Di jalur ini gw lebih banyak berdiri di bordes dan motoin pemandangan. oia, jangan anggep cuaca lagi mendung ya, karena aslinya terik banget. tapi karena gw ga ngerti setting kamera, jadinya dapetnya malah kaya mendung gini..
Spoiler for scenery:
Spoiler for scenery:
Purwokerto
Udah hampir magrib ketika kereta memasuki stasiun Purwokerto. brenti di stasiun ini jam 17.22 dan berangkat lagi jam 17.28
Spoiler for PWT:
Selepas Purwokerto gejala laper mulai terasa. makanan kecil yg dibeli di Jakarta udah abis. berhubung Kereta Makan lumayan jauh, gw rada males bwt kesana. jadinya gw putusin bwt nunggu crew resto lewat. tapi ya gitu deh, ditunggu ga lewat2, ga ditunggu malah mondar mandir mulu nawarin makanan. perut gw dan mulai kembung karena minum mulu. aer minum mineral botol paling gede itu juga udah abis dari tadi. akhirnya saat yg ditunggu2 dateng juga. kereta brenti di stasiun Kebumen jam 18.40. langsung gw turun dan nyari warung makan. tapi emank dasar sial, di stasiun ini cuma ada dua toko makanan kecil. gw liat stok rotinya kok meragukan, malah ada yg dah jamuran sgala. yaudah gw cuma beli aer mineral botol gede dan kopi susu. gile dari Jakarta baru sekarang gw ngopi sambil merokok. hebat juga gw bisa tahan!
Naek keatas kereta, ada crew resto yg lewat sambil bawa nasgor tiga piring. langsung aja gw mesen tu nasgor. tapi sialnya, ternyata nasgor itu udah di-book oleh penumpang 1AB. kesialan blom abis, karena tiga piring nasgor itu adalah makanan trakhir. nasi rames? abis juga! wah bener2 apek! baru deh gw ngrasa kangen sama para pedagang asongan..
Gw turun lagi dan beli dua cup popmie di toko tadi. jadilah kami menikmati mie super instant bwt ngeganjel perut. sebenernya gw ga doyan makan mie disaat kaya gini, apalagi popmie yg cuma disiram aer panas. kalo mie rebus masi mendinglah. sebelom beli popmie itu, ibu yg duduk di 4A nawarin roti, tapi scara halus gw tolak. bukan apa2, tapi makan roti disaat lapar bukan pilihan bagus bwt gw. rasanya ga nendang!
tips naek GBMS:
belilah stok makanan berat karena persediaan makanan di kereta ini cepet abis, dan gada penjual makanan berat di stasiun2 yg dilewati, kecuali di stasiun Purwokerto dan Lempuyangan, tapi waktunya terbatas!
Lempuyangan
Sepertinya kami ga jadi numpang kereta ini sampe Surabaya Gubeng dan melanjutkan perjalanan ke Bali. konfirmasi yg kami tunggu2 dari tiga orang teman blom masuk juga lewat sms. itu artinya kami akan turun di stasiun Lempuyangan dan menginap di rumah neneknya nonky. dan brarti pula kami harus membatalkan tiket Mutiara Timur yg dah kami beli beberapa hari yg lalu. sejak dari Kebumen si nonky selalu memperhatikan layar smartphone-nya, kuatir kalo ga dapet sinyal. tapi sinyal selalu oke, cuma konfirmasi yg ditunggu2 ga kunjung dateng..
Sebelom harapan bener2 pupus, tiba2 aja 15 menit sebelom masuk stasiun Tugu salah seorang teman menelpon. hasilnya? lanjut ke Bali! yippi! kami jadi ke Bali!
Jam 20.43 kereta brenti di stasiun Lempuyangan. lapak ayam goreng yg begitu cemerlang bener2 bikin gw merutuk. knapa bukan di stasiun Kebumen sih? mau beli juga perut dah kenyang. mau beli bwt stok juga nanggung, sapa tau ntar di stasiun2 kecil ada pedagang asongan hehe.. ah lagian juga gw dah ga kepikiran urusan perut karena dah dapet semangat baru, Bali!
Spoiler for LPN:
Kereta berangkat lagi jam 20.51. Selepas stasiun Solo Jebres ada beberapa pedagang asongan yg ngikut, beberapa diantaranya adalah pedagang nasi. pengen beli, tapi dah mulai ngantuk. si nonky juga ga minat katanya. yaudah gw cuma beli kopi susu. ga lama kemudian datanglah tiga orang petugas yg ngusir2in para pedagang itu. ada seorang petugas yg berseragam KAI yg motret para pedagang itu satu persatu pake kamera BBnya. mungkin mau di-blacklist ya hehehe.. serba salah juga nih naek GBMS. perjalanan 13 jam tapi stok makanan ga memadai. namanya orang klaperan, nasgor Reska yg ga enak itu (mnurut gw ga enak karena gw dah pernah nyobain) cepet bener abisnya. mau beli popmie ya mending beli di warung biasa, lebih murah!
Oia, AC dah diidupin lagi! gw lupa dimana tepatnya, tapi kayanya begitu hari dah mulai gelap..
Surabaya Gubeng
Setelah brenti di stasiun Solo Jebres, Madiun, Jombang, dan Mojokerto, jam 01.45 KA 116 sampe di stasiun Surabaya Gubeng. perjalanan yg lumayan melelahkan! gw dah siap2 mau minta ijin petugas yg berjaga di stasiun ini bwt nyebrang ke stasiun Surabaya Gubeng Baru, karena dari info yg gw dapet, stasiun Surabaya Gubeng ini dipisahkan menjadi dua, yaitu Gubeng Lama bwt kereta ekonomi, dan Gubeng Baru bwt kereta Eksekutif dan Bisnis. kedua stasiun ini dibatasi oleh pager ditengah2. para penumpang kereta ekonomi ga bole keluar dari Gubeng Baru, jadinya harus kluar stasiun dulu trus muter bwt menuju Gubeng baru. dan itu lumayan jauh. padahal paginya gw mau naek KA Mutiara Timur (K2/Bisnis) bwt melanjutkan perjalanan menuju stasiun Banyuwangi Baru..
Eh tapi kok gada yg jagain pagernya ya. dan gw liat juga beberapa penumpang menuju Gubeng Baru melewati pager yg ga dikunci itu. wah mungkin kalo udah dinihari gini dibebasin. yawes kami langsung aja ikutan lewat pager itu..
Spoiler for SGU:
GBMS diliat dari Gubeng Baru
pager pembatas yg dikunci
pager pembatas diujung sebelah kiri yg ga dikunci
pintu keluar Gubeng Lama
emplasemen Gubeng Baru
Stasiun ini keren banget deh. rapi dan bersih! megah pula diliat di malem hari. setelah puas mengamati dan foto2, kami lanjut menuju toilet bwt bersih2. sepi banget stasiun ini. yg make toilet cuma empat orang termasuk kami. setelah smua pengguna toilet kelar dgn urusannya masing2, seorang petugas keamanan menghampiri dan mengatakan pintu keluar akan dikunci. oke boz! kami pun kluar dari area dalam stasiun yg memang harus steril. kalo mau nunggu, ya harus nunggu di ruang tunggu bagian luar..
Spoiler for SGU bagian luar:
Disini kami beristirahat sambil tiduran di kursi ruang tunggu. entah knapa gw malah jadi seger banget, padahal gw butuh tidur bwt lanjutin perjalanan ke Banyuwangi jam 9 pagi. si nonky yg nyoba tidur juga ga bisa karena nyamuknya lumayan ganas disini. tapi smuanya dibawa fun aja mengingat kami dah melewati dgn lancar satu langkah dari empat langkah menuju Denpasar. smoga langkah2 selanjutnya akan tetep lancar..
tips bwt yg menunggu di Gubeng Baru bwt lanjut naek Mutiara Timur:
1. beli makanan/minuman sebelom sampe stasiun ini, walopun minuman bisa dibeli lewat Vending Machine
2. siapin lotion anti nyamuk, ato obat nyamuk bakar juga bole!
Spoiler for yg sempet gw catet:
11.20 - 11.35 Jakarta Kota
13.03 - 13.06 Cikampek
13.51 - 13.53 Haurgeulis
14.24 - 14.27 Jatibarang
14.47 - 14.49 Arjawinangun
15.08 - 15.15 Cirebon Prujakan
15.40 - 15.44 Ciledug
15.58 - 16.01 Ketanggungan
17.22 - 17.28 Purwokerto
18.40 - 19.00 Kebumen, silang GBMS dan Sawunggalih Utama
19.10 - 19.23 Kutowinangun
19.49 - 19.51 Kutoarjo
20.43 - 20.51 Lempuyangan
21.39 - 21.54 Solo Jebres, silang Bima
22.15 - 22.25 Sragen, silang Turangga
23.13 - 23.21 Madiun
00.32 - 00.43 Jombang
01.03 - 01.08 Mojokerto
01.45 - 01.55 Surabaya Gubeng
updated 10 Desember 2013
Trip Report Kereta Api laennya bisa dibaca disini
Spoiler for damage cost:
Code:
Tiket GBMS + Admin..... 117.500
Bantal Leher........... 45.000
Taxi................... 55.000
Makan.................. 40.000
Minimarket............. 15.000
Sewa Bantal............ 12.000
Kopi................... 3.000
Aer Mineral............ 5.000
Popmie................. 12.000
Kopi................... 4.000
Keripik Tahu........... 2.000
Total.................. 310.500
updated 10 Desember 2013:
nambahin link
Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52815cb8f7ca17c201000005
0 komentar:
Posting Komentar