Home » » Pengalaman Menanam Tulip di Daerah Tropis

Pengalaman Menanam Tulip di Daerah Tropis

Written By demi anak on Jumat, 20 Juni 2014 | 20.09

Salam semua Agan/aganwati.

Kali ini saya mau berbagi mengenai pengalaman saya menanam Tulip dari umbinya, kebetulan kali ini saya dapat umbi Tulip dari teman yang kemarin sempat pulang kampung ke negeri Belanda, dia membawakan saya oleh2 yaitu sekotak umbi bunga tulip berisi 24 pcs.



Saya terima umbi2 tsb pada tanggal 18 Maret 2014 lalu. saya tinggal di Tangerang â€" Banten dengan suhu rata2 berkisar 30 derajat celcius. Dan saya memutuskan tuk menanam tulip2 tsb didalam ruangan kantor (karena rumah saya belom ber AC)

Tertera di box tsb bahwa Tulip sudah pre-cooled, jadi bisa langsung ditanam saja. saya taruh mereka di ruangan bersuhu 17-18 derajat celcius, dan setiap pagi antara jm 8-9.30 saya jemur agar mereka mendapatkan sinar matahari pagi. berikut penampakannya:
awal penanaman:
[img]http://cdn.kaskus.com/images/2014/04
/25/2246453_20140425102259.jpg[/img]



(umur 10 hari):


(umur 2 minggu):


Tulip mini:




ada juga yang saya dapatkan 1 umbi bisa berbunga sampai 2 kuntum, sangat jarang sekali ditemukan. dan saya merasa senang dan beruntung tuk mendapatkannya, berikut gambarnya:


Foto diambil dengan kamera HP smartphone biasa, Tulip2 tsb saya benar2 tanam di dalam ruangan lhoo Saya senang sekali dengan pertumbuhan mereka, walaupun pertumbuhan mereka satu dan lainnya berbeda2. one of my dreams come true . Alhamdulillah

beberapa catatan penting yang harus diperhatikan:
  • Tulip tidak bisa toleransi terhadap suhu yang panas, seperti suhu lokal kita (maka itu suhu disesuaikan menjadi 17 - 18 derajat celcius)
  • Jangan sampai umbi tersebut diletakkan ditempat lembab, karena akan cenderung berjamur yang akan mengakibatkan umbi busuk.
  • Jangan terlalu sering disiram, cukup 3 hari sekali. atau seperlunya. terlalu becek juga tidak bagus untuk umbinya, bisa busuk.
    [list=4]
  • Pastikan sebelum ditanam, tidak terdapat tanda2 jamur / black spot pada umbi bunga.
    [list=5]
  • jemur umbi yang ditanam selama 2 jam apda matahari pagi antara jam 7-9 pagi


  • sampai saat ini saya baru berhasil dalam penanaman, dan masih berusaha terus untuk memperbanyak umbi bunga, dari hasil offset. karena setelah selesai berbunga, tanaman tulip tidak ebgitu saja mati, melainkan menghasilkan anakan umbi/ offset. yang bisa ditanam lagi pada musim tanam selanjutnya. Namun mengingat kondisi suhu di lingkungan saya begitu panas, saya masih berusaha terus tuk mendapatkan anakan umbi bunga tsb.

    Demikian yang dapat saya bagi mengenai pengalaman menanm tulip di daerah saya, mohon maaf apabila tulisan saya berantakan
    jangan lupa cendolnya ya gan....



    Wita





    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5359dc676c07e7c0088b4816

    1 komentar:

     

    Copyright © 2014. Kaskus Hot Threads - All Rights Reserved
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger