Home » » Ringkasan Debat Capres-Cawapres Ronde Kedua

Ringkasan Debat Capres-Cawapres Ronde Kedua

Written By demi anak on Senin, 16 Juni 2014 | 21.41

Debat Capres edisi kedua akhirnya berlangsung pada hari minggu (15/6) kemarin. Berdasarkan agenda KPU, masih ada 3 rangkaian debat lagi yang harus dijalankan, gan. Debat edisi kedua ini bisa dibilang lebih menarik dibandingkan dengan edisi pertama.
Bagi agan-agan yang ga sempet nonton dan ingin mengetahui garis besar debat kemarin, Ayo Vote telah meringkasnya ke dalam sebuah tulisan. Berikut ini adalah kumpulan pertanyaan dan jawaban pada debat ronde kedua:

Spoiler for Tanya-Jawab Jokowi & Prabowo
Jokowi : Bagi saya ekonomi ditujukan sebesar-besarnya untuk rakyat. Itulah ekonomi Berdikari. Yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah pembangunan manusia lewat revolusi mental. Kemudian bidang kesehatan dengan kartu Indonesia Sehat, kemudian bidang kecerdasan dengan kartu Indonesia Pintar. Dengan semua itulah produktivitas kita akan meningkat. Pertumbuhan ekonomi yang diimbangi dengan pemerataan, pembangunan koperasi, umkm, pasar tradisional, pertanian. Kedua, pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan, karena akan percuma jika pemerataan itu tidak ada. Pemerataan akan menjadi sebuah perhatian bagi kami berdua. Inilah yang akan membuat ekonomi kita kokoh dan berdaya saing tinggi.

Prabowo: Kita berbicara mengenai pembangunan, akan tetapi masalahnya dari mana uangnya? Dari mana sumber dayanya? Pada tanggal 7 September 2013, Ketua KPK menyampaikan kekayaan negara kita tiap tahunnya hilang sebanyak 1000 triliun. Kami, Prabowo dan Hatta ingin menutup kebocoran 1000 triliun tersebut dan ingin dialirkan untuk membangun ekonomi kerakyatan, dari ibukota turun ke desa. Sumber daya sudah ada, tinggal keberanian dan kemauan kita untuk membangun bangsa. Saya akan mengalokasikan minimal 1 milliar tiap tahunnya kepada rakyat Indonesia, meminimalkan korupsi, dalam 5 tahun 2 juta hektar sawah, 3000 km jalan raya, 8 pelabuhan, Bank Tani Rakyat, Bank Koperasi. Dalam lima tahun kami akan meminimalkan korupsi, menaikkan rata-rata penghasilan hingga dua setengah kali lipat. Dananya ada, tinggal kemauan dan kerja keras kita dalam membentuk ekonomi kerakyatan. Kami akan bekerja keras untuk mencapai semua itu, kita akan menjadi negara kuat, negara terhormat karena kita menguasai kekayaan kita sendiri.

Mengapa ekonomi kerakyatan? Bagaimana strategi dan kebijakan investasi sesuai dengan konteks ekonomi kerakyatan? Kemudian bagaimana strategi dan kebijakan investasi yang Anda tawarkan sesuai dengan konteks Ekonomi Kerakyatan?

Prabowo : Ekonomi Kerakyatan sesuai pasal 33 1995 -- perekonomian yang berasasakan kekeluargaan, dan dikuasai oleh pemerintah, penguatan dan pemberdayaan kerakyatan. Menjamin kondisi dan keselamatan dan perlindungan terhadap golongan tertinggal yang tidak bisa menghadapi persaingan abad 21. Pemerintah harus turun tangan dan menjadi pelopor. Ekonomi kerakyatan adalah ekonomi jalan tengah. Perekonomian kita harus berazaskan kekeluargaan. Ekonomi harus ditujukan kepada pemberdayaan dan penguatan rakyat. Kebijakan investasi terbuka, tapi tidak boleh mematikan ekonomi rakyat. Harus kita bangkitkan koperasi dan usaha menengah.

Mengapa harus berdikari? Bagaimana sikap Anda tentang hutang pemerintah?

Jokowi :
Untuk memberantas kemiskinan memang harus kita berani memberikan program khusus. Bukan hanya anggaran, akan tetapi sistem yang harus dibangun. Kartu sehat untuk membantu rakyat. BPembangunan pasar tradisional, pembangunan ruang-ruang PKL, pasar tradisional harus diurus dengan manajemen yang baik, rakyat membutuhkan bukti, ruang - ruang diberikan kepada pasar, harus ada ruang khusus bagi PKL. Semua kota harus memberikan ruang yang sebesar-besarnya kepada PKL. Hutang dapat diselesaikan asal ada efisiensi dalam APBN, dengan membangun sistem, e- audit, e-sistem.e-budgeting. Investasi sangat penting, detil ke daerah-daerah yang tingkat kemiskinan besar, sehingga akan terbuka lapangan pekerjaan.

Prabowo : Kemiskinan dan pengangguran adalah sasaran strategi pembangunan ekonomi kami, fokus kami ada pada sektor pertanian, karena dapat menyerap tenaga kerja yang banyak, dan bisa menghasilkan dalam waktu yang singkat. Benchmark 1 hektar bisa menyerap 6 orang kerja, dari hulu ke hilir. Kita masih memiliki 77 hektar hutan yang sudah rusak, dan terus bertambah. sebagian dari hutan yang rusak tersebut, 2 juta hektar ditambah dan ethanol. Target kami adalah mendapatkan tanaman dengan harga yang baik. Kita dengan dorongan ekonomi yang tumbuh, ini akan mengurangi pengangguran dan upah akan naik dengan sendirinya.

Bagaimana kebijakan untuk pertumbuhan penduduk? dan bagaimana untuk layanan dan akses kesehatan? khususnya bagi perempuan.

Prabowo :
Pertumbuhan kita 5 juta per tahun. Kita harus tambah gaji dokter, gaji bidan. Kita tidak bisa main-main dengan tantangan kita. Tutup kebocoran, amankan kekayaan negara, uang tunai akan diinvestasikan ke kesehatan dan pendidikan. Lakukan Big Push Strategy yaitu dengan investasi besar - besaran untuk rumah sakit, posyandu, dan gaji pekerjanya. Bagaimana dan cara apa yang harus dilakukan? Kita bangun pabrik, irigasi, waduk, jalan raya. Ini semua akan menumbuhkan roda ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Jokowi : BKKBN kita harus kembali dihidupkan. Kampanye kita tentang kelahiran telah menurun sehinggan pertumbuhan penduduk tidak terkendali. BKKBN terjun langsung ke masyarakat dan meyakinkan masyarakat akan program 2 anak itu cukup. Jika tidak ada kontrol di lapangan, sistem akan percuma. Anggarannya ada, hanya sistemnya yang perlu dibangun.

Bagaimana pandangan Bapak mengenai DAU (Dana Alokasi Umum) dan DAK (Dana Alokasi Khusus)?

Prabowo :
Dana alokasi bisa naik kalau penghasilan negara naik, inilah yang saya perjuangkan. Bagaimana penghasilan kita tidak bocor ke luar.

Apa target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan dan bagamana strateginya untuk mencapai hal tersebut?

Jokowi :
Ekonomi kita akan tumbuh di atas 7% asal regulasi terbuka dan memberikan ruang untuk investor lokal untuk bergerak. Jika sistem perizinan harus dipangkas waktunya, (target)7% tidaklah sulit. Produk lokal bisa berkompetisi di dunia agar mereka diberi ruang untuk pemasaran. Dubes kita jangan asal berdiplomasi saja. Industri kecil bisa tampil, asal negara hadir.

2 tahun ini kita mengalami banyak defisit, apa yang salah?

Prabowo :
Defisit terjadi karena kekayaan negara bocor ke luar negeri. Itu esensinya. Beban untuk impor kita sangat tinggi sehingga defisit perdagangan terjadi. Kekayaan kita bocor. Harus ada pemerintah yang berani menutup kebocoran itu. Baru tidak defisit, bahkan surplus.

Apakah Jokowi setuju wajib belajar 12 tahun? Jika setuju, artinya butuh tambahan biaya 40 triliun. Kemudian bagaimana dengan peningkatan investasi pendidikan di bidang pendidikan?

Jokowi :
Pembangunan manusia dimulai dari pendidikan, tapi harus ada evaluasi dan perubahan. Penddidikan di tingkat SD 80% harus berbicara dgn pendidikan karakter, pendidikan hal utama, berapapun yang dibutuhkan dalam investasi pendidikan akan kami berikan, apalagi hanya 40 triliun. Jika produktivitas dan daya saing kita tinggi, kekayaan alam kita akan dikelola dan dinikmati oleh bangsa kita sendiri.

Bagaimana meningkatkan peran TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) ?

Prabowo :
Itu tugas kepala daerah untuk meningkatkan perannya. Itu tanggung jawab kepala daerah.

Indonesia negara besar, begitu juga tantangannya. Bagaimana untuk meningkatkan daya saing infrastruktur?

Jokowi :
Infrastruktur yang penting itu adalah tol laut. Karena akan menekan harga semen di seluruh daerah di Indonesia. Transportasi laut sangat murah. Jawa-Eropa lebih murah daripada Jawa-Papua. Dengan begitu akan memberikan rasa keadilan dalam harga di setiap daerah seperti Papua, Jakarta, dan Sumatra. Tidak seperti sekarang yang cukup berbeda. Uang yang ada harus diinvestasikan ke tol laut dan kereta api.

Bagaimana pandangan bapak mengenai ekonomi kreatif ?

Prabowo :
Ekonomi kreatif penting karena penduduk kita banyak, bidang dimana kita bisa bersaing dengan bangsa lain. Pemerintah harus menginvestasikan dana besar di bidang pendidikan untuk mendorong anak muda kita sehingga industri kreatif bisa mengahasilkan nilai tambah negara kita. Kita punya naluri seni dan bakat di bidang kreatifitas. Jika diberikan kesempatan tentu akan mengahasilkan devisa yang banyak di abad 21.

Jokowi : Bidang ekonomi kreatif seperti musik, animasi, seni pertunjukan, video, produk kreatif dan desain produk , ruangnya belum diberikan dukungan penuh oleh pemerintah. Padahal jika didukung akan berkembang. Seni pertunjukkan dari Sabang hingga Merauke, Jika kita punya manajemen panggung yang baik, promosi lighting yang baik, tentu akan bisa ditunjukkan ke dunia. Animasi kita diekspor ke luar.

Negara kita akan menerima ASEAN Economic Community, yg telah kita setujui, akan banyak dampak, salah satunya yaitu orang asing yang bekerja disini, bagaimana cara menghadapinya?

Jokowi :
Kita harus memberi dorongan kepada anak-anak muda kita agar mereka masuk terlebih dahulu. Pasar domestik tidak bisa dimasuki pasar dari luar, hal yang berkaitan dengan perizinan, investor lokal diberikan kemudahan, tapi yang dari luar gak apa-apa lah sedikit-sedikit disulitkan. Pembangunan manusia akan menjadi daya saing dan produktifitas dan akan membuktikan kita dapat bersaing di pasar.

Bagaimana rincinya tentang perusahaan luar yang ingin buka di Indonesia?

Jokowi :
Pemerintah harus membuat regulasi agar mereka (asing )tidak secara mudah masuk ke wilayah kita. Contohnya BI telah memiliki regulasi yang tidak memudahkan pihak asing untuk masuk ke dalam. Hambatan itu ada tapi secara tertutup hambatan tersebut harus dibangun melalui regulasi. Kita terbuka, tetapi yang paling utama adalah untuk melindungi ekonomi kita.

Bagaimana penjelasan visi misi dan anggaran desa? Karena yang saya tahu angkanya lebih dari itu, karena disesuaikan luas daerah dan jumlah penduduk masing-masing daerah.

Prabowo :
Keputusan itu saya buat sebelum undang-undang dibuat. 26 Oktober 2013 saya membuat deklarasi tersebut yang pada akhirnya mengeluarkan UU Desa yang masih hrs diikuti dengan perarturan pemerintah. Jadi jika di atas 1 miliar, alhamdulilah, jika kurang maka kami lengkapi.Tidak jadi soal berasal dari mana uang tersebut, yang penting dana sampai ke desa.

Ada kontrak-kontrak yang dilakukan dengan pihak asing tapi merugikan pihak Indonesia, bagaimana dan apa yg harus dilakukan?

Jokowi :
Kita harus menghormati semua kontrak yang ditandatangani, tidak bisa diubah begitu saja. Penghormatan kontrak, merupakan pembangunan kepercayaan, setelah kontrak selesai, baru bisa kita kaji apakah akan dilakukan kerjasama secara terus menerus atau tidak. Intinya SDA digunakan untuk rakyat banyak, yang penting dikalkulasi apakah kerjasama dengan BUMN, apakah diambill alih secara total oleh BUMN, yang penting harus menguntungkan negara, bukan asing. Kekayaan alam sebesar-besarnya harus digunakan untuk kepentingan rakyat!!

Bagaimana dengan kontrak yag merugikan tapi masih dalam jangka panjang? Apakah tidak sebaiknya dilakukan perundingan ulang? Negosiasi?

Jokowi :
Kalau poinnya jelas dan ada kans untuk melakukan renegoisasi, akan kita lakukan. Akan tetapi setiap kontrak yang ada di depan harus dilakukan secara detail,sehingga tidak akan merugikan negara kita dan demi kemakmuran rakyat.

Gimana gan? Ada yang mau kasih skor ga buat debat ini?

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/539ec8d6925233750d8b4592

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014. Kaskus Hot Threads - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger