Home » » Tips Mencegah Dampak Buruk Penggunaan Tablet Pada Anak-Anak

Tips Mencegah Dampak Buruk Penggunaan Tablet Pada Anak-Anak

Written By demi anak on Selasa, 17 Juni 2014 | 06.05




Spoiler for penting
Mudah-mudahan gak






Bahayakah anak-anak gunain Tablet?


Agan dan aganwati pastinya udah tau kalo sekarang banyak anak-anak yang akrab sama yang namanya Tablet. Yup, teknologi layar sentuh ini emang jadi bagian hidup mereka buat kenal lebih banyak sama dunia luar. Gak sedikit juga anak-anak yang jago gunain perangkat ini.
Tablet emang ngebantu banget buat orang tua yang gak memiliki pengasuh atau saat ditinggal sementara oleh pengasuh. Ketika orang tua sibuk sama kerjaannya, mereka bisa ngasih hiburan mendidik dengan menyetel aplikasi hiburan seperti video dan games yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan kognitif si anak. Emang pada umumnya Tablet ngasih banyak permainan dan pendidikan dari video games klasik sampai pelajaran bahasa asing. Kebayang kan Tablet juga masih bisa ngasih banyak manfaat buat anak-anak dalam tumbuh kembangnya.


Spoiler for contoh satu

Quote:
1. Fun Animal Puzzles Toodler Kid
Latihan mental punya banyak pengaruh penting dalam pendidikan yang berkualitas gan. Salah satu contohnya adalah Fun Animal Puzzle Toodler Kid, game yang dirancang untuk anak-anak yang baru mulai belajar keterampilan organisasi. sepintasaplikasi ini mungkin tidak berdampak langsung dalam segi pendidikan, namun akan berguna untuk melatih gerakan mata koordinasi dengan gambar untuk anak looh gan.

Spoiler for contoh lainnya

Quote:
2. Numbers & Addition! Math Games
Naah, beda dengan aplikasi yang satu ini. Ilearn With Boing mengajak anak agan dan aganwati untuk belajar berhitung dalam bentuk permainan dan berbagai karakter hewan yang menyenangkan. Di dalamnya juga terdapat gameplay berupa pertualangan di sebuah padang rumput loh gan, yang bikin anak untuk mengasah kemampuan menghitungnya. Aplikasi ini didesain untuk anak-anak berusia 3,4,5 dan 6 tahun yang segera siap naik ke sekolah dasar.

Namun, penggunaan Tablet yang berlebihan juga bisa berdampak buruk yang gede looh gan, kalo ninggalin anak-anak yang asyik bermain Tablet tanpa pengawasan.
lalu gimana caranya biar anak agan dan aganwati terhindar dari dampak buruk Tablet
Cekidot aja satu-persatu tipsnya dibawah ini:



Quote:


1. Kontrol Aplikasi Yang Mereka Mainin

mungkin agan-agan bisa mencoba tips yang satu ini. Agan perlu mengawasi aplikasi apa aja yang layak atau cocok dengan mereka. Hal ini sangat penting looh gan, soalnya seerti yang udah dibahas diatas, banyak banget aplikasi yang berguna buat perkembangan mereka. Aplikasi ini bisa ngasih pembelajaran edukasi yang dikemas secara menarik. Dengan mengontrol apa yang mereka mainkan, secara tidak langsung akan menghindari mereka membuka aplikasi-aplikasi yang belum layak untuk mereka. Misalnya aja gan, kita perlu untuk ngedampingin mereka saat mereka lagi asyik bermain Tablet. Namun ternyata beberapa Tablet terbaru seperti yang ada di Website Samsung, Samsung rupanya ngembangin fitur terbarunya seperti yang ada di Samsung Galaxy Tab 4 yang memiliki fitur Kids Mode yang membantu mengontrol aplikasi apa yang mereka mainkan. Jadi agan dan aganwati gak usah khawatir saat si buah hati bermain Tablet.

Quote:


2. Kontrol Waktu Mereka Bermain

Gak bisa dipungkiri, saat mereka asyik mainin Tablet, mereka suka lupa waktu. Emang banyak permainan menarik dari Tablet, sehingga anak-anak bisa mainin Tablet ini dimanapun kayak di sofa, di kasur, ataupun di lantai. Jika Tablet digunain secara berlebihan dan lama, tentunya kehidupan sosial mereka jadi berkurang. Pengawasan lebih dengan mengontrol waktu bermain anak-anak dengan Tablet sangat dibutuhkan oleh kita gan. Salah satu fitur pada Kids Mode yang terdapat di dalam Samsung Galaxy Tab 4 bisa ngebantu orang tua bisa mengontrol berapa lama anak saat bermain Tablet.

Quote:


3. Biarkan Mereka Berkreasi

Banyak cara yang bisa menambah pengetahuan dan cara berpikir anak-anak gan. Aplikasi yang edukatif aja pastinya belum cukup dalam pertumbuhan mereka.Oleh karena itu kasih kebebasan buat mereka dalam gunain tablet. Salah satu contohnya menggunakan kamera yang terdapat dalam Tablet. Fitur aksesori dan efek dalam aplikasinya menantang mereka untuk berkreasi sesuai yang mereka inginkan. Bimbinglah mereka bagaimana menggunakannya. Hal ini membuat mereka mendapatkan hiburan yang mereka inginkan, selain belajar tentunya dan menghabiskan waktu berkualitas dengan Anda. Tablet terbaru keluaran Samsung ternyata memiliki fitur terbaru yang dapat mendorong kreatifitas anak dalam mengolah foto dengan mudah.

Quote:


4. Matiin Koneksi Internet

seperti yang kita tahu Tablet memungkinkan kita untuk membuka situs dari penjuru dunia. Banyak banget diantaranya situs yang tidak layak dibuka oleh anak-anak. Situs yang tidak berguna untuk perkembangan dan pendidikan anak, atau bahkan beberapa diantaranya berbahaya buat mereka. Salah satu trik menghindarinya adalah dengan mematikan koneksi internet atau wifi Tablet. Banyak aplikasi untuk anak-anak yang tidak membutuhkan koneksi internet saat bermain. Mereka bisa melakukan kreasi apa saja dengan Tablet tanpa harus terhubung dengan dunia luar.

Quote:


5. Gunakan Tablet Yang Menunjang Kreasi Mereka

Habiskan waktu berkualitas agan dan aganwati dengan si Kecil, kembangin kreatifitasnya dengan berbagi aplikasi seru yang bisa agan mainkan bersama. Dengan tampilan layar yang bagus serta memori tambahan agan dan aganwati bisa menyimpan banyak data dan aplikasi yang mereka inginkan dengan leluasa. Dengan prosesor Quad Core 1.2 GHz dan Android KitKat, agan dan aganwati bisa ngasih semua aplikasi terbaru yang dibutuhkan mereka, mulai dari permainan edukasi hingga hiburan seperti tayangan mendidik buat mereka. Dengan fitur Kids Mode, agan gak usah khawatir kalo Tablet dapat berdampak buruk pada mereka.

Gimana gan?
Kalo Tablet digunain gak berlebihan, pastinya bermanfaat kok gan buat perkembangan, pendidikan serta permainan anak



Spoiler for sumber
SAMSUNG
SUMBER
SUMUR

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/539fce351cbfaae3378b4572

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014. Kaskus Hot Threads - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger