Home » » Tips Merawat Mobil Sebelum Ditinggal Pergi

Tips Merawat Mobil Sebelum Ditinggal Pergi

Written By demi anak on Minggu, 22 Juni 2014 | 21.20



Apabila Anda sering melakukan perjalanan keluar kota, baik untuk tugas kerja maupun untuk berlibur, sehingga harus meninggalkan mobil Anda di garasi, mungkin hanya untuk beberapa hari, tapi mungkin juga hingga beberapa minggu, bahkan bulan. Agar kendaraan kesayangan Anda itu tetap dalam kondisi yang baik selama ditinggal pergi, Anda perlu melakukan beberapa hal, di antaranya:



  • Rem Tangan
    Spoiler for
    Quote:Sebelum meninggalkan mobil, pastikan posisi rem tangan dalam keadaan bebas. Karena, jika rem tangan ditinggalkan terlalu lama dalam posisi ‘masuk’, itu dapat menyebabkan kelengketan antara minyak dengan piringan rem, terutama yang menggunakan sistem tromol pada roda belakang. Sedangkan jika kondisi rem tangan tersebut memang sudah ‘macet’, bersihkan terlebih dulu agar dapat berfungsi kembali dengan normal.


  • Wiper
    Spoiler for
    Quote:Agar karet wiper mobil tidak menempel dengan kaca mobil, sebaiknya diganjal dengan sepotong busa atau kayu. Jika hal tersebut tidak dilakukan dengan benar, karet wiper secara perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Ini tidak hanya dapat merusak permukaan kaca mobil, tapi juga dapat mengakibatkan karet menjadi kasar saat digunakan. Cara lain, dengan menyemprotkan bahan silicone ke bagian karet wiper agar tidak menjadi getas atau robek saat ditinggal untuk waktu yang lama.

  • Suspensi
    Spoiler for
    Quote:Untuk memastikan bahwa kondisi suspensi mobil tetap tejaga dan tidak dibebani oleh beratnya kendaraan, sebaiknya letakkan mobil di atas jack stand. Maka, saat Anda ingin menggunakan mobil kembali, suspensinya tetap nyaman. Ini juga salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebocoran di sekitar karetâ€"karet suspensi. Pastikan mobil diletakkan dalam kondisi yang kokoh dan aman, agar tidak membahayakan area di sekitarnya â€"termasuk mobil Anda.

  • Aki
    Spoiler for
    Quote:Jika Anda tidak akan menggunakan mobil lebih dari 2 minggu, sebaiknya akinya dilepas untuk menghindarinya kerusakan. Atau, gunakan portable charger yang dihubungkan ke aki tanpa harus melepas kabel aki. Dengan alat tersebut, aki akan selalu dalam keadaan optimal.

  • Oli
    Spoiler for
    Quote:Ganti oli jika oli sudah mulai kotor. Ini salah satu cara untuk mencegah pengendapan deposit atau kotoran yang berlebihan dalam mesin mobil. Hal ini harus dilakukan agar kotoran tersebut tidak merusak komponenâ€"komponen di dalam mesin. Karena, jika terjadi kerusakan, bersiaplah untuk menyediakan dana yang tidak sedikit untuk melakukan overhaul mesin mobil tersebut.

  • Parkir
    Spoiler for
    Quote:Hindari memarkir pada posisi miring. Jika memang tidak ada tempat yang datar, dianjurkan untuk mengganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lain agar mobil dalam keadaan stabil dan tidak berubah posisi.

  • Pengharum
    Spoiler for
    Quote:Agar bagian dalam kabin mobil tidak berbau apek karena tertutup dalam waktu yang lama, letakkan pengharum mobil di jok atau di sekitar dasbor. Pastikan Anda meninggalkan mobil dalam keadaan tertutup sehingga debu tidak masuk ke dalam celahâ€"celah.



  • Sekian gan tipsnya, semoga bermanfaat bagi mereka yang biasa berpergian lama dan harus meninggalkan kendaraannya di rumah atau di parkir inap.

    Jangan lupa untuk ngasih rating dan meninggalkan komeng barang seiprit gan..
    Baidewey yang Silent Rider


    Code:Quote:Original Posted By anakmam4h â–º
    Code:klo bisa sih dipasangin sarung penutup nya juga gan menghindari debu yg ntar bsa bikin bekas di body mobil nya

    Quote:Original Posted By Rastaman007 â–º
    Ngelepas aki juga harus ada urutannya positi dulu baru negatif takut kena kelistrikan atau ecu

    Quote:Original Posted By wingko.babat â–º
    tambahan gan :

    kalo mobil yg sudah pake power steering, posisi ban harus lurus gan supaya tdk cepat bocor oli power steeringnya..

    CMIIW


    >> SUMBER <<

    --------------

    >> 7 SELEBRITIS INDONESIA YANG CANTIK AWET MUDA SAMPAI SEKARANG GAN! <<
    >> [IRONI DEMOKRASI] - 12 Media Ini Menjadi Juru Kampanye Partai Bosnya <<
    >> PARODY VIDEO REXONA MEN ADVENTURE VERSI INDONESIA <<

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53381c84a4cb17836c8b497b

    1 komentar:

     

    Copyright © 2014. Kaskus Hot Threads - All Rights Reserved
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger